Rabu, 18 April 2012

Jejaring Sosial

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial  yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi,ide, teman,keturunan dll. Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Dimasa kini jarang sekali kita temukan seseorang yang tidak memiliki atau tidak mengenal acount-acount dalam dunia maya.Jangankan dikalangan mahasiswa bahkan murid SD saja saat ini sudah banyak sekali ang memiliki acount di dunia maya,seperti Facebook,twitter dan yang lainnya.Tak jarang anak-anak  ini menggunakan jaringan sosial ini tidak pada waktunya,misalnya pada saat belajar dikelas mereka juga menggunakan jaringan sosial ini.Nah,disinilah peranan orang tua sangat dibutuhkan untuk mengawasi anak-anak mereka dalam menggunakan jaringan sosial ini.

Dampak Positi Jejaring sosial dalam kehidupan kampus :
1. Memperluas jaringan pertemanan.
Dengan menggunakan jejaringan sosial ini banyak orang yang mendapatkan teman baru diluar kampus mereka bahkan dari luar kota.
2. Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial
jaringan sosial ini juga sangat berpengaruh penting dalam mengembangkan keterampilan,mereka bisa menuangkan apa yang mereka pikirkan dalam berbagai jenis jaringan sosial seperti fb,twitter,bahkan blog.
3. Sebagai media penyebaran informasi
Dalam perkuliahan jaringan sosial ini juga berfungsi untuk penyebaran informasi,baik tentang materi-materi kuliah melalui grup-grup di facebook..
Disini jaringan sosial memiliki dampak positif dan negatif misalnya,.. :
1.Menimbulkan kemalasan.
Dengan adanya jejaringan sosial seperti twitter,facebook dan lainnya,mengakibatkan malas untuk mengerjakaan tugas sehingga mengakibatkan tugasnya terbengkalai atau malas untuk  melakukan aktivitas lain dan bisa membuat lupa waktu.
2.Menghamburkan Uang
Bagi yang tidak memiliki fasilitas internet di rumah,Akses internet untuk membuka situs jejaring sosial jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan (terlebih kalau akses dari warnet). Mereka  pergi ke warnet hanya sekedar untuk membuka situs jejaring sosial saja. Ini dapat dikategorikan sebagai pemborosan, karena menggunakan uang secara tidak produktif.
3.Berkurangnya Waktu Belajar
Karena keasikan bermain jejaringan sosial menjadikan lupa untuk belajar,dan meninggalkan kewajiban mereka yang sebenarnya.
Berkembang pesatnya situs jejaring sosial ini tentu saja punya dampak positif dan juga negatif,  karena itu penting untuk pengawasan dan bimbingan bagi mereka agar dampak negatifnya dapat di hindari dan dampak positifnya semakin di rasakan.Solusinya adalah Menggunakan jejaringan sosial jngan berlebihan,dan tetap memperhatikan penggunaan waktu.Jangan terlalu terlena dalam penggunaan jejaringan sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar