Senin, 26 Maret 2012

Soto Jamur Instan: Varian Baru Makanan Khas Indonesia

Setiap makhluk yang bernyawa membutuhkan asupan gizi cukup untuk melaksanakan berbagai aktivitasnya. Manusia melakukan pekerjaannya, hewan berlari mengincar mangsanya, atau tumbuhan berfotosintesis ketika matahari mengangkasa. Semuanya memerlukan suplai tenaga yang bisa diperoleh melalui makanan. Khusus bagi manusia, beragam jenis makanan dapat dikonsumsi dan diolah sedemikian rupa. Tidak heran karena manusia adalah makhluk omnivora. Terlebih, saat wilayah/daerah tempat tinggal antara manusia satu dengan lainnya tidak sama, maka berbeda pulalah makanan yang dikonsumsinya. Akhirnya muncullah makanan khas/asli dari setiap daerah/wilayah tersebut.
Indonesia, sebagai wilayah khatulistiwa beriklim tropis, memiliki banyak makanan khas yang menarik dan tentu saja rasanya enak. Diberi anugerah sumber daya alam melimpah, menjadikan Indonesia sebagai penghasil rempah-rempah yang disegani. Rempah-rempah ini adalah sumber utama untuk menghasilkan makanan khas yang memiliki cita rasa kuat. Oleh karena itu, makanan di negara berpenduduk lebih dari 200 juta ini sangat unik karena kekuatan rasa dari setiap bumbu yang dihasilkannya melalui olahan campuran rempah-rempah khas Indonesia. Salah satu makanan asli Indonesia hasil olahan rempah-rempah yang cukup familiar adalah soto.
Soto, sroto, atau coto adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran (Wikipedia, 2011). Kaldu dagingnya ini biasanya terbuat dari sumber rempah-rempah alami seperti bawang putih, bawang merah, batang daun bawang, batang serai, daun salam, dan lain sebagainya, yang diolah menjadi bumbu kaldu. Kemudian sayuran yang sering dipakai adalah seledri, kembang kol, wortel, timun, atau tomat. Selain itu dapat pula ditambah dengan lauk tertentu, yaitu irisan ayam atau daging, tempe atau tahu goreng, bahkan kerupuk sekalipun.
Kekuatan soto terletak pada rasa kuahnya yang kuat. Kuah soto lumayan kental dan berwarna kuning. Rasanya cenderung asin namun gurih melimpah karena memang banyaknya campuran rempah-rempah di dalamnya. Memang soto lebih dikenal menggunakan irisan ayam atau daging untuk pelengkap lauknya, tapi sekarang terdapat varian baru pada makanan khas Indonesia ini.

sumber : www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar